Liverpool Tunjuk Brendan Rodgers sebagai Manajer Baru


Teka teki mengenai siapa yang akan menjadi pelatih baru Liverpool sepeninggal Kenny Dalglish terjawab sudah. Jumat (1/6/2012), Manajemen Liverpool akhirnya secara resmi mengangkat Brendan Rodgers sebagai manajer anyar Liverpool. Hal ini sedikit di luar dugaan mengingat beberapa waktu lalu pelatih Wigan Athletic, Roberto Martinez lah yang lebih santer diberitakan bakal menjadi suksesor Kenny Dalglish. Pelatih asal Rep. Irlandia ini dikontrak Liverpool selama 3 tahun. Dengan penunjukkan ini, Liverpool harus membayar kompensasi kepada Swansea City sekitar 5 juta pounds. Tak lama setelah diperkenalkan kepada publik, Brendan Rodgers langsung melakukan wawancara pertamanya. Dan berikut wawancara ekslusif sang pelatih anyar seperti yang dikutip situs liverpoolfc.tv:

Bagaimana perasaan anda setelah terpilih sebagai pelatih baru Liverpool?

Seperti yang anda bayangkan, saya sangat bangga dan merasa sangat diberkati pada hari ini. Ini (Liverpool) jelas sebuah klub dengan tradisi dan sejarah yang luar biasa dan saya sangat, sangat bangga dan terhormat bisa ditunjuk sebagai manajer
.
Bagaimana tanggapan anda dengan visi dan rencana pemilik klub?

Pertama Saya ingin mengatakan bahwa Kenny Dalglish adalah seorang yang luar biasa. Dia merupakan pemain terbaik dalam sejarah klub ini dan dia seseorang yang dicintai di Liverpool. Dia berada di klub ini dengan berbagai hal yang  hebat serta membawa banyak kebahagiaan bagi para suporter di sini baik sebagai pemain dan manajer. Dia merupakan seorang yang ingin membayar rasa hormat karena dia adalah duta bagi klub ini. Namun demikian, Saya berbeda dengan dia. Pemilik begitu senang dan ingin terus menatap ke depan dan membawa seseorang yang bisa menjaga tradisi di klub ini dengan selalu bermain ofensif , serta menjaga citra klub di luar lapangan , dan itu yang harus Saya jaga dalam hidup Saya.

Seberapa sulit anda meninggalkan Swansea?

Itu jelas sangat sulit. Saya selalu berkata bahwa suatu saat Saya akan meninggalkan klub ini demi klub yang besar.  Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan klub maupun para pendukung serta mampu menciptakan sejarah – dengan mampu menjadi klub pertama asal Wales yang bermain di BPL. Namun ketertarikan untuk datang ke Liverpool begitu besar. Anda tentu mengetahui bahwa klub ini telah lima kali menjuarai Liga Champions. Beberapa pemain besar juga pernah membela klub ini. Saya kira  Liverpool telah menjadi ‘jantung’ dari sejarah sepak bola. Jika anda melihat ke belakang beberapa tahun yang lalu pemain dan manajer di klub ini, maka tentu anda akan ingat dengan duet Toshack dan Keegan, Rush dan Dalglish, Hansen dan Lawrenson, Shankly dan Paisley dan tentu saja Gerrard dan Carragher. Klub ini jelas penuh dengan sejarah, tradisi dan gairah.

Bagaimana Anda menggambarkan filosofi permainan Anda?

Filosofi  permainan Saya adalah menyerang. Orang-orang bertanya kepada saya tentang itu dan saya selalu mengatakan itu ditambah dengan kreatifitas dan disiplin taktis. Jika Anda melihat Swansea dalam beberapa tahun terakhir mereka telah dipuji karena permainan ofensif mereka tetapi kami banyak melakukan clean sheet karena pertahanan kami begitu baik. Itulah prinsip dari klub ini. Filosofi klub ini adalah permainan cepat dan menyerang. Namun disiplin dalam bertahan juga sangat penting. Filosofi dan prinsip-prinsip Anda akan selalu diterapkan oleh pemain. Ada skuad yang begitu fantastis di sini, beberapa pemain hebat, tetapi tetap Saya harus menambah dua, tiga atau empat pemain lagi untuk mencoba dan mendapatkan aliran permainan yang lebih baik.

Siapa saja orang yang berpengaruh pada karir kepelatihan anda?

Saya telah lama menjadi seorang ‘murid’ di berbagai pertandingan. Saya telah melakukan pembinaan dan pengelolaan selama 20 tahun dan sering bepergian hanya untuk melatih. Sejak muda,  Saya telah memiliki filosofi dan visi yang jelas. Kakek saya adalah pendukung besar Liverpool, begitu pula ayah saya, jadi saya mengetahui sepak bola pada akhir 70-an dan awal 80-an. Sudah jelas filosofi (Johan) Cruyff sangat melekat pada diri Saya karena ayah saya begitu mengidolainya. Saat anda bergelut dalam bidang kepelatihan, filosofi saya telah menjadi fusi antara Inggris dan Eropa. Pengaruh terbesar Saya sudah tentu adalah Jose Mourinho, murni karena ia telah memberi saya banyak kesempatan. Saya belajar banyak hal darinya. Dia adalah seorang yang besar dan hal terbesar yang dia lakukan pada saya adalah memberi saya kesempatan bekerja dengan pemain-pemain hebat.

Apakah gaya permainan yang anda terapkan di Swansea akan diterapkan pula di sini atau mungkin tergantung pada pemain?

Prinsip-prinsip permainan Anda tergantung pada pemain tapi bagi Saya itu seperti mimpi. Ada banyak pemain berbeda di sini jadi tidak mungkin dilakukan di seluruh pertandingan. Namun seiring waktu, hal itu dapat diterapkan. Saya sangat yakin, dan para pendukung juga akan seperti Saya. Mereka menikmati pertandingan disini (Anfield), dan itulah salah satu daya tarik terbesar Saya datang ke sini. Pendukung Liverpool sangat terdidik dalam setiap permainan. Saya di sini dengan Swansea pada awal musim dan permainan mereka mendapat tepuk tangan di akhir laga.

Apakah anda memerlukan waktu untuk menerapkan filosofi anda di sini?

Tentu saja Saya akan lakukan itu. Namun Saya tetap realistis. Ini tentu butuh beberapa tahun dengan skuad yang kami punya sekarang. Dibutuhkan investasi yang besar dan tentu saja waktu yang lama pula bagi saya disini.  Namun demi kepentingan bisnis, kemenangan tetap menjadi hal yang penting. Filosofi itu telah ada dalam DNA saya dan Saya berharap dapat meraih sukses selama bertahun tahun mendatang.

Apa arti Liverpool  bagi Anda secara pribadi?

Liverpool sangat berarti banyak bagi Saya. Ada sebuah ikatan emosional yang nyata. Saya memiliki beberapa kesempatan untuk meninggalkan Swansea dan tidak akan pergi untuk klub manapun, karena Saya orang yang profesional. Namun ini karena daya tarik dari sejarah klub ini dan perjuangan mereka meraih gelar liga. Semoga beberapa tahun mendatang itu sesuatu yang bisa kita raih. Tentu tidak sebentar, masih ada banyak perbaikan yang harus dilakukan. Liverpool adalah sebuah ikon sepak bola. Sebuah klub besar di dunia. Ketika Anda berbicara tentang Liverpool, maka anda juga akan berbicara tentang Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Inter Milan, dan AC Milan. Jelas Liverpool adalah klub besar. Ini akan menjadi tantangan dan motivasi bagi Saya untuk melakukan yang terbaik yang Saya bisa dan Saya akan selalu berjuang untuk hidup saya dan Liverpool, dan semua itu ada di luar lapangan

Bagaimana tanggapan anda dengan pemain-pemain yang akan bekerja dengan anda disini?

Saya benar-benar melihat ke depan tentang itu. Saya berbicara dengan Steven Gerrard tadi malam. Sangat luar biasa mengobrol dengan dia. Saya selalu bekerja dengan baik dengan banyak orang. Bagi saya, itu tidak masalah apakah mereka pemain bintang atau tidak, keberhasilan klub adalah yang paling penting dan setiap pemain yang bekerja dengan Saya adalah bagian dari tim ini. Ada beberapa bakat luar biasa disini. Jika Anda melihat orang-orang seperti Steven (Gerrard), dan Jamie Carragher, mereka telah menjadi pemain yang luar biasa bagi klub ini, dan ada pula Pepe Reina, kiper kelas dunia, dan bakat-bakat lainnya dalam tim ini. Saya selalu memiliki hubungan yang dekat dengan pemain. Saya berbicara dengan sangat terbuka dan jujur kepada mereka sehingga mereka tahu yang harus dilakukan. Saya ingin mendidik pemain baik di dalam maupun di luar lapangan.

Pada awal kerja anda di sini, apakah anda telah menetapkan target transfer?

Sekali lagi, penting untuk menilai tim ini, namun setelah melihat tim ini, Saya sudah tahu apa yang dapat diperbaiki, dan itu sudah pasti.

Dan apakah Anda telah berbicara dengan pemilik tentang anggaran transfer?

Ya. Ada sejumlah uang untuk dibelanjakan. Kami tidak punya ‘gerobak uang’. Meski tidak besar tapi ada uang untuk dibelanjakan. Ada beberapa pemain hebat di sini dan bakat besar dan saya ingin membantu meningkatkan mereka sebagai pemain dan ‘manusia’. Akan ada beberapa tambahan untuk memperbaiki dan meningkatkan cara kami bermain.

Para pendukung di sini sangat ingin kembali ke Liga Champions, apa tujuan anda sendiri?

Itu adalah tujuan setiap manajer di klub ini. Itu hebat, tetapi juga, dibutuhkan waktu, kami ingin menantang (klub lain) demi gelar liga. Bagi saya, itu tidak singkat karena itu tidak realistis, namun meraih gelar adalah sesuatu yang kita ingin capai. Tujuan Saya tidak hanya meraih 4 besar. Liga Champions adalah sesuatu yang fantastis dan di sanalah klub ini seharusnya berada. Dan ini akan membutuhkan proses dan akhirnya, mudah-mudahan, kami bisa berada di puncak klasemen.

Terakhir, apa pesan Anda kepada seluruh pendukung Liverpool?

Saya hanya ingin mengatakan, bahwa saya merasa terhormat dan diberkati menjadi manajer Anda. Yang dapat Saya janjikan adalah Saya akan berjuang untuk hidup saya dan klub. Keluarga saya akan pindah kesini dan kami sangat bersemangat untuk itu, sekaligus dapat mengenal klub dan orang-orang disini. Saya akan berkonsentrasi pada pekerjaan Saya demi menjadikan Liverpool kembali meraih kejayaan.

GOOD LUCK, COACH !!!

Recent Posts :

Tinggalkan komentar

Filed under Liverpool FC

Tinggalkan Balasan

