Final Piala Champions1983-1984: Rome Sweet Rome


Kota Roma sepertinya menjadi kota yang sangat bersahabat bagi Liverpool. Bagaimana tidak, dua kali Liverpool bertandang ke sana (Stadion Olympico), dua kali pula mereka merengkuh gelar Piala Champions, pertama pada musim 1976-1977 dan yang kedua pada musim 1983-1984. Lain halnya dengan musim 1976-1977, pada lawatan keduanya Liverpool ditunggu si empunya stadion, AS Roma di partai final.

Bertanding di depan publiknya sendiri tentu saja menjadi sebuah keuntungan bagi AS Roma. Namun itu tidak menyurutkan mental bermain anak-anak asuh Joe Fagan. Terlebih skuad Liverpool saat itu diisi oleh pemain pemain seperti Phil Neal, Alan Hansen, Kenny Dalglish, Ian Rush dan kapten Graeme Souness. Mereka pula yang mengantarkan Liverpool menjuarai Piala Champions untuk ketiga kalinya tiga musim sebelumnya. Meski begitu, keraguan tetap saja menyelimuti kubu Liverpool. Apalagi Joe Fagan baru menjabat sebagai pelatih pada awal musim. Namun, dengan tidak adanya perubahan yang dilakukan secara signifikan, Joe Fagan praktis hanya meneruskan apa yang ia terima dari pelatih sebelumnya Bob Paisley.

Penunjukkan Joe Fagan sebagai penerus Bob Paisley sebenarnya cukup masuk diakal. Apalagi ia telah menjadi bagian dari staf kepelatihan Liverpool sejak era Bill Shankly pada 1960-an. Keraguan itu pun hilang setelah Joe Fagan berhasil mengantarkan Liverpool menjadi juara Piala Champions untuk keempat kalinya. Keberhasilan inipun diraih dengan tidak mudah. Liverpool harus ‘menunggu’ hingga babak penalti untuk memastikan kemenangan setelah di waktu normal hanya mampu bermain imbang 1-1. Dengan kemenangan ini, Liverpool telah 4 kali menjuarai Piala Champions. Hebatnya, mereka meraihnya dalam partai finalnya yang keempat pula. Tak ayal, tagline “Rome Sweet Rome” pun langsung membahana mengiringi kesuksesan Liverpool yang untuk kedua kalinya meraih Pial Champions di tempat yang sama.

Berikut hasil pertandingan yang diselenggarakan pada 30 Mei 1984 tersebut:

LIVERPOOL  1 – 1  AS ROMA

Neal Goal 13′ – Pruzzo 42′

Babak Penalti

Neal, Souness, Rush, Kennedy 4-2 Di Bartolomei, Righetti

Stadion: Olimpico, Roma
Jumlah Penonton: 69.693
Wasit: Erik Fredriksson (Swedia)

Dan berikut skuad yang ditampilkan kedua tim:

LIVERPOOL
Bruce Grobbelaar, Phil Neal, Alan Kennedy, Mark Lawrenson, Ronnie Whelan, Alan Hansen, Kenny Dalglish (Michael Robinson 94′), Sammy Lee, Ian Rush, Craig Johnston (Steve Nicol 72′), Graeme Souness.

Pemain Pengganti:
Michael Robinson, Bob Bolder, Steve Nicol, David Hodgson, Gary Gillespie.

Manajer: Joe Fagan

AS ROMA
Franco Tancredi, Michele Nappi, Sebastiano Nela, Ubaldo Righetti, Paulo Roberto Falcao, Dario Bonetti, Bruno Conti, Toninho Cerezo (Mark Tullio Strukelj 115′), Roberto Pruzzo (Odoacre Chierico 64′), Agostino Di Bartolomei, Francesco Graziani.

Pemain Pengganti:
Astutillo Malgioglio, Emidio Oddi, Mark Tullio Strukelj, Odoacre Chierico, Francesco Vincenzi.

Manajer: Nils Liedholm

Dan berikut highlight babak adu tendangan penalti yang diselenggarakan pada tanggal 30 Mei 1984 tersebut:

Review laga pramusim Liverpool vs AS Roma (26 Juli 2012)
Pertemuan antara Liverpool dan AS Roma kembali terjadi pada tahun ini. Pada laga yang diselenggarakan di Stadion Harvard, Boston ini AS Roma berhasil mempecundangi Liverpool dengan skor 2-1. Meskipun laga ini bersifat uji coba, namun hasil ini mengakhiri rekor tak terkalahkannya Liverpool atas AS Roma.

Pada laga ini Liverpool kembali menurunkan sejumlah pemain mudanya. Padahal sebagian pemain senior yang ikut ajang Piala Eropa lalu sudah bergabung kembali dengan tim. Publik pun menunggu debut perdana Fabio Borini yang baru diboyong Liverpool musim ini dari AS Roma. Namun, hingga pertandingan usai, Rodgers urung menurunkannya.

Pertemuan melawan AS Roma sebenarnya bisa menguji racikan strategi Rodgers mengingat kekuatan kedua tim bisa dikatakan seimbang. Namun dengan banyaknya para pemain muda yang diturunkannya, taktik dan strateginya sepertinya belum berjalan dengan baik.

Berikut highlight pertandingan kedua tim:

Laga uji coba Liverpool selanjutnya akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2012 pukul 23.30 WIB melawan Tottenham Hotspurs.

YNWA

Tinggalkan komentar

Filed under Liverpool FC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s